April 11, 2008

LAPANG HATI MEMBUKA JALAN MENUJU SUKSES



YOHANES 21 : 1 - 19

Dalam kisah kebangkitan Tuhan Yesus kita akan merenungkan Firman Tuhan dengan tema: “Lapang hati membuka jalan menuju sukses.” Kita akan mempelajari lapang hati dalam hal apa saja yang membuat Tuhan Yesus membuka jalan menuju sukses!!!

I. Mengundang murid-murid-NYA untuk datang kembali kepada-NYA.

a. Saat itu murid-murid-NYA sedang tidak setia dan meninggalkan Tuhan Yesus saat Tuhan Yesus mengorbankan diri-Nya untuk menyelamatkan manusia.

· Petrus menyangkal Tuhan Yesus tiga kali (Matius 26:69-75).

· Murid-murid meninggalkan Tuhan Yesus dan melarikan diri (Markus 14:50).

· Murid-murid kembali kepada pekerjaan lama mereka sebagai penangkap ikan (ayat 2-3).

b. Karena Tuhan Yesus lapang hati maka Tuhan Yesus bisa berpesan kepada Maria supaya mengundang murid-murid-NYA yang sedang undur untuk datang ke Danau Galilea karena Tuhan Yesus ingin bertemu dengan mereka (Matius 28 : 5-7).
c. Karena Tuhan Yesus lapang hati untuk mengundang murid-murid-NYA, maka murid-murid-NYA bisa kembali lagi kepada Tuhan Yesus.
d. Tuhan Yesus mencari 12 murid-murid-NYA lalu murid-murid-NYA mencari pengikut-pengikut Tuhan Yesus yang lain dan terus berkesinambungan sehingga semua bisa dipulihkan dan dilibatkan kembali .
e. Setiap pemimpin yang mau lapang hati dan mengundang anggotanya yang undur akan membuat banyak anggotanya yang undur kembali berjuang bersama-sama.
f. Firman Tuhan dan gembala sidang mengajak setiap PKS mencari dan mengundang anggotanya masing-masing yang undur untuk kembali mengikuti Kelompok Sel sehingga yang undur bisa datang kembali dalam kelompok sel.

II. Menyambut dengan sangat baik saat bertemu.

a. Sambutan Tuhan Yesus yang sangat baik:

1. Menyapa dengan sangat lembut (ayat 5).
2. Menyediakan makanan (ayat 9).
3. Melayani makanan dengan sangat ramah (ayat 13).

b. Karena Tuhan Yesus lapang hati untuk menyambut dengan sangat baik, maka murid-murid-NYA sangat tersentuh dengan apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus.

c. Jengkel (anyel) bisa membuat kita berpikir yang tidak baik, berkata yang tidak baik, berbuat yang tidak baik dan akhirnya bisa mendatangkan hal-hal yang tidak baik dalam kehidupan kita.

· Contoh: Haman (Ester 3:5-6), Musa (Bilangan 20:7-12).

d. Marilah kita lapang hati, supaya kita bisa menyambut dengan sangat baik sehingga menyentuh hati orang yang kita sambut dan akhirnya akan mendatangkan pemulihan hubungan.

III. Mengajak murid-murid-NYA untuk kembali memperjuangkan visi yang dari Tuhan Yesus.

a. Tuhan Yesus mengajak Petrus untuk menjalankan visi-NYA yaitu menggembalakan domba-domba-NYA Tuhan (ayat 15-19).

b. Dengan tiga langkah kelapangan hati ini Tuhan Yesus sedang membuka jalan menuju keberhasilan mencapai visi-NYA yaitu banyak orang diselamatkan dan Injil sampai ke ujung bumi !!!

c. Bersyukur Petrus dan murid-murid yang lain mau kembali memperjuangkan visi yang Tuhan Yesus berikan kepada mereka sehingga mereka juga mengalami keberhasilan dalam pelayanan mereka.

d. Kita juga harus lapang hati dalam mengundang, menyambut dan melibatkan orang yang undur karena tiga hal ini akan membuka jalan bagi keberhasilan kita.

e. Kalau kita menjadi orang yang diundang, biarlah kita belajar seperti murid-murid Tuhan Yesus yang lapang hati dan mau diundang serta dilibatkan kembali untuk mencapai visi Tuhan.

f. Kalau di gereja kita setiap PKS mau taat dengan Firman Tuhan ini yaitu mengundang, menyambut dan melibatkan dengan baik maka akan terjadi roda kegerakan yang berkesinambungan untuk mencapai visi yang Tuhan berikan kepada gereja kita.

Tidak ada komentar: